HASIL BELAJAR DAN RESPON MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM

Main Article Content

Ita Ita

Abstract

Pembelajaran yang optimal seharusnya memiliki perencanaan yang baik. Pada tingkat perguruan tinggi perencanaan biasanya dituangkan dalam dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan di berbagai bidang termasuk pendidikan. Salah satu mata kuliah yang prosesnya juga harus dialihkan ke pembelajaran daring ialah mata kuliah biologi umum. Pengalihan proses pembelajaran ini disinyalir memberikan pengaruh dan respon yang berbeda diantara mahasiswa. Oleh karena itu perlu dideskripsikan  hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Subjek pada penelitian ini ialah mahasiswa semester II pengikut mata kuliah biologi umum yang  berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memperoleh nilai tes yang menunjukkan predikat A+ (32,35%), A (44,12%), B+ (8,82%), B (2,94%) dan C+ (11,76%). Adapun respon mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran secara daring melalui platform google classroom berjalan baik meskipun terdapat beberapa kendala. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa baik dengan sebaran nilai minimal berada pada predikat C+ dan terdapat pula yang nilainya bisa mencapai maksimal A+. Respon mahasiswa hampir seragam berkaitan dengan kendala jaringan dan kuota. Mahasiswa memberikan respon yang berbeda dalam kemampuan memahami konsep melalui pembelajaran daring dengan pembelajaran yang diselenggarakan secara tatap muka.

Article Details

Section
Articles

References

Adijaya, Nuryansyah dan Lestanto Pudji Santosa. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10 (2), 105-110.

Anhusadar, La Ode. (2020).Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Islamic Early Childhood Eduaction. 3 (1), 44-58.

Nirfayanti dan Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (1), 50-59.

Nurlaila. (2018). Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1 (1), 93-112.

Nuryana, Agus Nana. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Kabar Priangan.

Oktavian, Riskey dan Riantina Fitra Aldya. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2), 129-135.

Purmadi, Ary, M. Samsul Hadi dan Lu’luin Najwa. (2018). Pengembangan Kelas Daring dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edcomtech, 3(2), 135-140.

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06 (02), 214-224.

Saifuddin, Much. Fuad . (2017). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Varia Pendidikan, 29 (2), 102-109.

Sobron A.N, Bayu, Rani, dan Meidawati. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1 (2), 30-38.

Yodha, Seno Abi, Zainul Abidin dan Eka Pramono Adi. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan E-Learning dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2 (3), 181-187.